Daftar Isi

Crossover unik, Nissan Juke

Diposting oleh Gembul on Sabtu, 04 Juni 2011











Bali - Ada yang menarik dan menggelitik hati saya ketika mengikuti acara Media Test Drive Nissan Juke yang dilakukan oleh Nissan Motor Indonesia (NMI) di Bali, 16 Mei lalu. Bukan soal ground clearancenya tinggi yang memang menjadi ciri dari crossover. Tapi, desainnya itu, lo sudah mengarah gaya perkotaan.

Seperti dibilang Teddy Irawan, Wakil Presiden Penjualan dan Pemasaran nasional NMI bahwa Nissan Juke merupakan kendaraan crossover kompak yang menawarkan desain, fitur serta berkendara yang prima.

Dari segi desain, tampilan Juke perpaduan antara sport utility vehicle (SUV) dan sportcar. Bagian depan sangat kental dengan Nissan Murano (SUV), sedang belakangnya Nissan 370Z yang dihiasi lampu model "bumerang" (suku Aborijin dari Australia).

Trus, handle pintu belakang menyatu dengan pilar C, sehingga dari kejauhan seperti kupe dua pintu. Lalu, pada handle pintu dengan terdapat kunci pintar (intelligent key) dengnan push start button dan autofold (mirror). Ini untuk tipe Juke CVT RX, termasuk lampu zennon, mud guard, parking sensor dan tiltpipe.

Saat masuk ke dalam, desain konsul tengah model tangki bensin sepeda motor, membuat ruang kemudi dan penumpang depan terasa lega. Gaya mobil sport terpancar pada dasbor, terutama bagian atas instrumen indikator dikasih semacam spoiler. Jok bergaya semi-racing dan diameter setirnya diambil dari Nissan 370Z.

Teknologi baru Makanya, ketika melakukan manuver di tikungan tajam, tangan begitu lincah memainkan kemudi karena pegangannya sangat pas (diameter genggaman dipakai punya Nissan GT-R). Genggaman tak perlu lepas dalam keadaan cepat harus menekan klakson.

Kebetulan rute tes dari Pantai Kuta menuju Pecatu melalui Bedugul berjarak 160 km, cocok untuk menguji performa, kestabilan dan kenyamanan. Terutama, trayek kedua dari Bedugul ke Klapa, Pecatu, kondisi jalan yang sempit, sarat tikungan tajam dan terdapat jalanan menanjak dan menurun.

Di sini Kompas.com memanfaatkan teknologi baru Nissan berupa I-Con (Integrated Control System), di antaranya berupa Driver Select (Eco, Normal, dan Sport). Saat melahap tikungan patah dan banyak tikungan "S", arah ban bisa terdeteksi lewat setir yang terasa keras. Beda dengan dua mode lainnya (eco dan normal) yang lebih cocok untuk jalan lurus dan tikungan ringan.

Asyiknya, ketika butuh tenaga mendadak bisa didapat tanpa terasa ada perpindahan gigi (tinggal tekan gas). Ini dikarenakan transmisinya dilengkapi dengan X-Tronic CVT yang merupakan generasi baru dengan ditambahnya sub planetary gear, sehingga menghasilkan rasio lebih luas. Tapi, saat menggunakan eco dan normal, jangan kaget tidak terasa "engine brake", kecuali pada "sport" kala tombol "odd" difungsikan.

Tenaga mesin, cukup responsif. Meski jantung pacu berkode HR15DE dipakai pada Grand Livina, untuk Juke telah mendapat pembenahan dengan menyisipkan teknologi baru berupa twin CTVC dan dual injection system. Fungsi teknologi tersebut membuat pembakaran jadi lebih efisien dan pembakaran tetap stabil pada putaran rendah.

Tak cuma itu. Ketika menerjang jalan tanjakan, torsi pada kecepatan rendah sampai menengah cukup berisi, sehingga membuat kita begitu yakin menghadapi jalanan tanjakan. Meski ada penambahan dua teknologi baru itu, efisiensi bahan bakar cukup baik. Buktinya, dengan menempuh jarak 160 km dengan berbagai rintangan, di antaranya ada kemacetan, hanya menghabiskan dua bar (dua strip) yang diperkirakan rata-rata 1 liter menempuh 9 km sampai 10 km.

Hanya satu yang jadi kendala, noise dari suara ban begitu kencang sampi ke telinga. "Mungkin itu kontur permukaan jalannya. Kalau di Jakarta atau kota lain, saya yakin tidak sekeras itu," tegas Teddy Irawan, Wakil Presiden Penjualan dan Pemarsan Nasional PT Nissan Motor Indonesia.

Buti tidak mungkin kehadirannya bisa jadi "pembunuh" segmen hatchback, seperti Jazz atau SUV Honda CR-V dan Chevrolet Captiva meski bukan kelasnya.


Sumber: http://otomotif.kompas.com/read/2011/05/21/10403982/Menaklukkan.Bedugul.dengan.Crossover.Unik.Nissan.Juke

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar