Daftar Isi

Galeri Robot Buatan Asli Indonesia

Diposting oleh Gembul on Sabtu, 17 Desember 2011


Internasional Robot Olympiad ( IRO ) ini adalah sebuah event ilmu pengetahuan, pendidikan dan teknologi untuk kaum muda yang bertujuan untuk memberikan kesempatan & mengembangkan dunia mereka dengan merancang, membangun robot, dan berpengalaman di dunia robot. Internasional Robot Olympiad merupakan acara tahunan, yang dirancang sebagai sebuah acuan untuk pengembangan utama, dan tambahan dalam mengembangkan ide ide, keahlian dan kreativitas melalui penelitian, serta pengembangan dan kompetisi .

Di IRO 2011 ini, ada kategori "Creative Robot" yang terdiri dari 5 tim Gan. berikut 5 robot dari 5 tim tersebut, Cekidot :

1. D-1
   

Robot ini dibuat untuk menyelamatkan korban dari bencana tsunami. Robot ini akan ditugaskan untuk menjemput korban yang terjebak oleh banjir besar yang diakibatkan oleh tsunami, baik yang ada didarat maupun yang terseret kelautan.
Robot D1 dirancang untuk dapat mengapung dan berjalan diatas air. Memiliki pengungkit didepannya untuk dapat mengevakuasi korban atau memindahkan benda-benda berat yang menggangu jalannya evakuasi.
Robot ini dikendalikan jarak jauh menggunakan remote control.
Dengan Body yang hamper seluruhnya terbuat dari besi robot ini dijamin kuat dan dapat digunakan melawan gelombang-gelombang tsunami.





2. Equator 2-G


EQUATOR-2G merupakan sebuah robot yang berfungsi untuk melakukan proses evakuasi pada bencana alam terlebih gempa.
Mengapa robot kami lebih spesifik pada penanganan gempa?
Karena kalau diartikan secara harafiah nama robot ini ada lah robot evakuasi gempa bumi seperti kita ketahui Indonesia merupkan sebuah negara yang amat strategis, berada di antara 2 samudera dan 2 benua. Selain di apit oleh 2 benua dan samudra Indonesia juga di apit oleh 2 sirkum gunung berapi yaitu sirkum mediterania dan sirkum pasifik selain sirkum gunung berapi Indonesia juga tersusun atas lempeng tektonik yaitu lempeng pasifik, indo-australia, dan eurasia yang merupakan pembentuk Indonesia sendiri. Oleh sebab itu tidaklah heran jika Indonesia sering kali di guncang oleh gempa-gempa dahsyat baik itu gempa tektonis, vulkanis maupun seismis yang disebabkan oleh tenaga endogen yang masih aktif. Oleh karena itulah kami mendapat sebuah ide untuk membuat sebuah robot yang memiliki fungsi untuk melakukan proses evakuasi gempa untuk membantu tim SAR yang berupaya untuk mengevakuasi para korban di zona gempa.
Robot ini memakai catudaya dari sebuah aki mobil 12V 45Ah, Mengapa kami menggunakan aki mobil karena alat penggerak pada robot ini memakan daya yang sangat besar sebab dimensi robot ini kurang lebih panjangnya 80 cm dengan lebar 60 cm serta berat totalnya yang kurang lebih diatas 25kg sehingga dibutuhkan catudaya yang kuat untuk menggerakkan robot ini maka dipilihlah aki mobil. Selain itu robot ini digerakkan oleh 2 RF RC 2.4 GHz satu untuk mengendalikan gerak mobilisasi satu lagi untuk mengendalikan gerakan arm robot. Arm Robot ini dilengkapi oleh kamera outdoor ( nightvision ) yang bisa memantau objek yang sedang diambil oleh robot dan membantu dalam proses pencarian korban gempa namun untuk kedepannya kami ingin mengganti kamera outdoor tsb dengan sebuah kamera thermal sehingga si operator bisa melihat suhu objek dan pergerakkan objek tsb. Sehingga bisa membedakan mana manusia yang masih hidup dan mana yang mayat. Selain itu juga robot ini bisa memadamkan api dengan jarak tembak diatas 1 meter dan volume air yang bisa ditampung kurang lebih 4 L. Robot ini bergerak dengan sistem penggerak tank ( caterpillar wheel ) yang dibuat dengan memanfaatkan sparepart becak dan motor. Platform robot ini mayoritas menggunakan plat 4mm namun juga menggunakan zinc 1 - 2mm dan akrilik. Sebenarnya robot ini merupakan gabungan dari beberapa konsep teknologi yang sudah ada. Seperti mobil pemadam kebakaran, tank dan backhoe. Seperti kita ketahui juga seusai gempa biasanya terjadi kebakaran yang disebabkan oleh kompor LPG yang meledak jika tim pemadam kebakaran tidak bergerak dengan cepat untuk menanganinya ini bisa menjadi bencana susulan dan berdampak serius.

3. Inxscopoda


Inxscopoda ( Indonesia Explorer Scorpio Robot of Post Disaster Area With Integrated Android)
Inxscopoda is a telecontrolled tracked robot capable of exploring dangerous area and getting information about the conditions about the condition of the area without risking the safety of Search and Rescue teams.
The information such as the temperature, humidity, and visualization of the area is retrieved using the sensors installed on the robots and transmitted to the controller computer using wireless connection.
Inxscopoda use Android cell phone sensors (GPS, Accelerometer, Gyroscope) to aid its localization capability. The Android cell phone also serves as back-up connection and data storage.
With two hands, Inxscopoda is capable of lifting objects or moving ruins to safe human in emergency conditions. The tracks enable Inxscopoda to move on unstable land.
Search and Rescue teams can control Inxscopoda and monitor the dangerous area from a far distance and get the information to prepare better rescue


4. SPIDY RESCUE ROBOT





SPIDY RESCUE ROBOT
For detect people on some where on natural disaster, like in earthquake and a twister

Function
1. To explore the natural disaster area example earthquake or twister
2. To know situation on the area
3. To collect data in a disaster area by using a camera, ultrasonic sensors, sound detectors, and speakers to deliver a message for asking help
4. To deliver messages in the form of information gathered from the robot to the base in order to help disaster victims

Dimention

Height40 x Weight 40 x Tall 20 cm
2.7x2.7x1.35 m
Scale 1:6.75


How it works

The Robot programmed based the situation
This Robot controlled by a remote
This Robot is using a Wireless Camera
Speaker is to load helping voice
This Robot has 3 sensors
-Sound Sensor use for detect human voice or any others sound
-Ultrasonic Sensor use to see an object
-Color Sensor uses if Ultrasonic or Sound Sensors detect object or sound
Transmit data from robot to the receiver in base


Component
1. Sound Sensor = To detect human voice or others sound
2. Ultrasonic Sensor = To detect an object
3. Color Sensor = Is to detect if Ultrasonic or Sound Sensors detect object or sound
4. Legs = To explore the area
5. Wireless Camera = Watching Situation
6. Wireless Transmiter = To transmit the data
7. Color Monitor = To describe the color
8. Motor Servo = To move the legs
9. Cable = To connect the other component
10. Battery = To store the power



5. TheloperBot





Robot dibuat untuk menolong manusia dalam kondisi dimana jalanan penuh halang rintangan dan ada kemungkinan api, maka robot akan diterjunkan kedalam medan untuk mencari korban dan serta dapat pula memadamkan api dan menolong korban masuk kedalam mobile carrier tersebut.
Untuk roda transportasi, kami menggunakan roda tank yang dimaksud untuk mempermudah jalannya robot tersebut dalam medan yang berbeda2 dan robot dapat melihat dengan menggunakan CCTV Camera yang diInstall didepan robot.









{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar